Sabtu, 29 Oktober 2011

Dari pemuda menuju kebangkitan

hello bloggeriest :)
hm, bca judul postingan gw diatas? haha pasti udah pada bisa nyngka kalo gw bakal bahas ttg hal yang "berat", ngebetein dan berbau nasionalis. kalo pada nyangka gitu, gw cuma bisa ngangguk.

iya kali ini gw mau posting ttg HARI SUMPAH PEMUDA yang jatuh pada tgl 28 okt kemaren*prokprokprok tapi sebelumnya maaf yaa postingan ini telat 1 hari hehe. yaa setidaknya gw bisa posting walo telat sbg bentuk kontribusi gw sbg pemuda melalui tulisan ini ;)

mungkin gw bikin postingan kali ini dgn cara yang asik aja ya gak berat dan ngebetein, pake tanya jawab aja deh, oke.

pemuda itu apa sih?
pemuda adalah orang-orang yang dibekali kemampuan, kecerdasan, dan kepribadian untuk siap menjadi penerus perjuangan bangsa. dengan kata lain, pemuda menentukan nasib bangsa!

wah pemuda menentukan nasib bangsa? rasanya beban banget ya tuh kata-kata. tapi emang bener loh, pemuda sangat menentukan apakah sebuah negara bisa maju atau tetep stuck.

bayangin, gak selamanya yang tua menjdi pemimpin. pasti ada regenersi untuk mencari potensi-potensi dan bibit-bibit baru yang siap membawa negara sejajar dgn negara lain.

terus gimana caranya regenerasi itu agar menghasilkan bibit yang baik?
kalo masalah itu sebenernya balik lagi ke masing-maisng pemuda itu sendiri. sbg pemuda harusnnya kita udah mulai bersiap-siap untuk menjadi the next leader yang menggantikankan generasi tua. abis itu, kita harus belajar yang rajin, aktif di organisasi. jadi gak hanya belajaaar ajaa kerjaannya kita juga harus aktif. tetep berprestasi dan gak kuper! selain itu juga pemuda harus bisa mengembangkan bakat dan potensinya mulai sejak dini supaya negara ini penuh dengan orang-orang hebat yang ahli di berbagai bidang dan itu adalah pemuda.

nah kalo ngeliat fakta, miris banget gak sih sama pemuda sekarang?
banget, miris banget. terutama buat diri gw sendiri jga ya. gw mengakui belom bisa jadi pemuda yang baik. dari hal kecil aja ya, upacara tiap hari senin aja gw masih suka ngobrol-ngobrol becanda gitu haha parah -,- abis itu gw kadang suka lupa kalo ternyata hari itu adalah hari penting buat negara gw aduh itu tuh yang paling gubrak!

hari spesial negaranya aja lupa ckck gimana mau membangun bangsa? belajar juga males, kalopun belajar juga belom bisa mandiri masih "disuapin" sama guru ckck liat tuh negara lain, saat kita masih disuapin mereka udah bisa masak dan menghasilkan makanan buat diri mereka sendiri dan orang lain.

jadi tau kan sekarang kenapa kita gak maju-maju?
karena kita selalu KETERGANTUNGAN.

jangan salah loh ketergantungan itu punya banyak makna. dengan ketergantungan, itu nunjukin kalo kita gak mandiri, gak percaya sama diri sendiri, mudah menyerah, pesimis. hm, itu mah nilai minus semua! malu gak sih kalo pemuda jaman sekarang maish gak pede sama diri sendiri dan selalu ketergantungan?

pantes aja kalo gitu, mental pemuda-pemuda kita masih tempe banget. jangan heran kalo tambah hari nasionalisme pemuda turun, kecintaan terhadap produk lokal pun menurun, mudah terintervensi budaya luar, pendirian yang mengacu pada western idea, banyak pulau-pulau yang tambah hari hilang dari indonesia, orang-orang cerdas yang pada pergi keluar negeri. ah terlalu banyak hal yang harus diperbaiki!

tapi disisi lain, gak hanya pemuda yang harus berperan, pemerintah (negara) juga harus mendukung potensi-potensi pemudanya.

simplenya, liat malaysia yang jadi negara tetangga tapi rival kita juga. mereka bisa menunjukkan kalo mereka bisa mulai maju. kita ketinggalan banget sama mereka.
dulu, banyak pemuda-pemuda malaysia yang datang ke indonesia untuk menuntut ilmu. tapi sekarang? kebalikannya, pemuda indonesia yang pergi ke malaysia dan secara gak langsung membangun negara tsb.

dulu, indonesia adalah negara yang disegani oleh negar-negara lain, tapi sekarang? negara lain dgn mudahnya merebut satu demi satu pulau di indonesia.

nyesek gak tuh? miris bangeet kali ya -_- nah kalo udah tau gitu, lantas apa yang harus dilakukan para pemuda indonesia sekarang?

inget, gak pernah ada kata TERLAMBAT! Kita masih bisa dan pasti bisa menyusul ketertinggalan. bangun kesdaran dalam diri masing-masing bahwa kita adalah PEMUDA.
PEMUDA INDONESIA harus semangat
PEMUDA INDONESIA harus cerdas
PEMUDA INDONESIA harus berani
PEMUDA INDONESIA harus beriman
dan PEMUDA INDONESIA HARUS BERKARAKTER!

belajar yang rajin gan dan tunjukkin bakat dan potensi lo di bidang yang lo bisa! kalo perlu lo harus produktif walopun lo masih sekolah. yang penting gak ada kata terlambat dan kita harus bangkit!!

lo gak mau kan negara kita dinjak-injak sama negara lian? gw juga gak mau.
lo gak mau kan setiap lo omegle-an langsung di disconnect karena si stranger tau kalo lo dari Indonesia (haha sumpah ini yang paliang nyesekin banget :'( hh) ? gw apalagi gak mau!
lo gak mau kan orang luar nanya :"indonesia dimananya bali ya?"
lo gak mau kanbudaya kita yang beraneka ragam itu diklaim negara tetangga sendiri? serumpulan pula! lo gak mua kan? gak mau? gw juga GAK MAU dan GAK RELA!
usaha itu gaya dikali jarak. kalo lo dorong benda dan benda itu gak bergerak. berarti usaha lo sama dengan nol. dan bererti lo cuma gaya doang
 gitu tuh salah satu stat keren temen gw. so, usaha gan! jangan gaya doang!

oke, janji dulu yaa
kami putra dan putri indonesia mngeku bertumpah darah yang satu, tanah air indonesia
kami putra dan putri indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa indonesia
kami putra dan putri indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia 


sip, kita sama-sama berharap untuk indonesia, negera kita tercinta ini bisa maju dan bangkit! dari pemuda menuju kebangkitan!
keep faith :)






0 komentar:

Posting Komentar