Selasa, 17 Mei 2011

mimpi, ambisi, pengharapan, dan perwujudan...

oke, gw balik lagi "nongkrong" di tempat ini setelah vacum 12 jam buat tepar, makan, nonton tv, de el el. ah, kayaknya hari ini gw belom bisa lepas dari blog tercinta gw ini. gw lagi sukaaa bangeeet posting (walopun postingannya rada gak jelas). mumpung ini hari terakhir libur wey, besok udah masuk sekola -_- jadi puas-puasin lah. oh ya, masalah tugas2 gw yang numpuk itu jg, belom gw kerjain haha nantilah itu ntar malem juga bisa.

sekarang gw mau ngomongin masalah mimpi, ambisi, pengharapan, dan perwujudan pada diri gw khususnya.  menurut analisis gw (cielah) mimpi itu sesuatu yang kita inginkan. nah bedanya sama ambisi? kalo ambisi itu kayak semacam semangat berapi-api untuk mendapatkan sesuatu pokoknya sampe darah penghabisan deh sesuatu itu dia kejar. kalo pengharapan, yaa dia cuma bisa ngarep aja (loh?) nggak, nggak gitu kok. kalo pengharapan itu, dia gak cuma sekedar mimpi, dia juga berharap dan ngelakuin sesuatu, bisa dibilang ikhtiar atau usaha. terus perwujudan, satu tingkat diatas pengharapan. dia bener2 ngelakuin hal yang ril yang ngebuat pengharapannya dia itu terwujud. yaa, itu definisi dari keempat judul yang gw tulis. bingung ya? haha gw aja yang nulis bingung (lupakan)

MIMPI. Andrea Hirata mengutip kata-kata dalam buku Edensornya "bermimpilah, kerana Tuhan akan memeluk mimpi itu". terus agnes monica juga pernah bilang "ngapain takut bermimpi? bermimpi itu kan gratis!" kira-kira bahasanya begitu lah. nah, jadi hari gini kalo masih ada orang yang takut buat bermimpi aduuh pergi aja lo dari bumi ini, gw bisa bilang itu bukan manusia waras namanya (sori, kasar banget --khilaf) namanya juga manusia, pasti punya nafsu lah, apalagi mimpi itu gratis jadi ngapain sih takut untuk sekedar mimpi doang? namanya juga mimpi. yaa, ngayal aja lah.

AMBISI. nah, ini yang mungkin rada dikhawatirkan. boleh lah berambisi, itu bagus malah. tapi jangan terlalu ambisius. karena kalo orang udah menggantungkan harapan banget sama keinginannya itu, terus gak tercapai. orang yang punya sifat ambisiunisme ini bakal kalang kabut. maksudnya bisa aja dia ngelakuin hal yang nekad yang bahkan bisa membahayakan diri sendiri dan orang disekitarnya.jadi, intinya ambisi lah dalam taraf normal ;)

PENGHARAPAN. ini dibutuhkan banget. berharaplah selagi masih bisa berharap. tapi inget jangan berharap sama hal yang gak pasti dan ngegantung (weks, curcol nih gw --dih, masih jaman apa bahas itu? haha). ya, pokoknya berharap aja apa yang kita inginkan bisa terwujud. tapi, salah juga kalo berharap tanpa realisasi, sama aja kayak botol kosong yang terapung ditengah laut. gak jelas arahnya kemana, dan yang terpenting, pengharapan itu disertai doa.

PERWUJUDAN. nah, ini yang paling pengting sekali dari beberapa hal yang udah disebutkan. yap, semua mimpi, ambisi, dan pengharapan itu harus diwujudkan. caranya? usaha lah, ikhtiar. cari kesempatan dan peluang yang memungkin untuk kamu terobos. kadang emang udah usaha sedemikian rupa nyampe jungkir balik, tapi yang diharapkan gak sesuai, oke gapapa jangan putus asa! Allah cuma mau lihat sekomit apa kamu sama keinginan kamu itu dan ketahuilah Allah akan memberi jalan yang terbaik buat kamu.

udah capek menjabarkan  definisi keempat kata tadi.sekarang, ini lah list mimpi-mimpi gw....mohon perhatian. jeng jeng jeng jeng...duar duar duar *apasih gaje -_-

  • pengen jadi penulis dan nerbitin buku bestseller. intinya kalo misalkan gw jalan ke toko buku, terus gw liat disitu ada buku-buku banyaaak bangeeet lagi pada dikerubungin sama orang2 dan gw hampiri kumpulan orang-orang itu dan gw liatbukunya dan nama penulisnya itu "Rizka Fitriana". oh my......gw bakal bangga dan seneng banget!
  • jadi motivator termuda. yaa, orang yang paling baik adalah orang yang berguna bagi orang lain. kalo jadi motivator, gw pikir itu bisa menyebarkan ion-ion positif ke orang lain terus syukur2 kalo orang2 yang kita motivatorin jadi dapet manfaatnya.
  • buat yayasan atau lembaga sosial atau sekolah gitu yang khusus menampung anak2 jalanan dan yatim piatu. miris aja gitu kalo gw lagi naek angkot atau elf, terus pasti ada anak2 kecil seumuran adek gw (dan gw langsung inget wajah adejk gw ) nanyi terus ngasih amplop dan di amplop itu ditulis "saya anak yatim piatu, mohon sumbangannya". gw mikir, kasian bgt anak sekecil itu mesti naik turun dari angkot satu ke angkot lain. mana janji pemerinatah hah? ah, jangan ngarepin pemerintah, sekarang mah yang punya duit berlebih dan yang masih punya nurani sok lah bantu adek2 kita itu. masa depan bangsa ada ditangan mereka juga! pokoknya intinya gw bakal bantu nyekolahin mereka tanpa harus menggangu kegiatan ngamen mereka, yang penting mah harus sekolah!
  • masuk UI, kampus impian gw :') amin ya Allah. 
  • jadi dosen atau dokter amin. walaupun gw gak terlalu minat sama dokter. kalo dosen, gw mau ngelanjut silsilah profesi mama yang jadi guru, setidaknya satu diantara tiga anaknya ada yang jd guru juga. tapi gw gak mau jadi guru SD, SMP, atau SMA, gw pengen jadi dosen! yaiyalah, anaknya harus diatas ibunya dong, itu baru namanya kemajuan hihi.
  • naik haji dan umroh bareng keluarga amin ya Rabb.
  • bisa keliling dunia (bukan jadi TKW atau TKI ya hehe) ya, caranya dengan belajar atuh. dan keliling dunia itu juga kalo bisa karena beasiswa bukan uang orang tua.
ah, masih banyak mimpi gw, banyaaaaak banget. itu salah tujuh diantaranya ya. kalo diposting disini beuh gak muat kali ya. gapapa mimpi banyak, mumpung gratis kan? ;p

terakhir, pokoknya berani aja buat bermimpi. apalagi remaja sekarang, kalo gak berani mimpi, hidup hambar bro! haha. jangan lupa, jagan sekedar mimpi aja tapi harus ada perwujudannya ya. mulai sekarang coba tulis list mimpi-mimpi kamu sebanyak-banyaknya dan lakukan usaha yang terbaik untuk menggapainya. insyaAllah lambta laun list-list mimpi yang kamu buat akan terchecklist satu persatu, amin.

Semua impian kita dapat menjadi nyata, jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya.
All our dreams can come true, if we have the courage to pursue them.
~ Walt Disney 

Untuk mencapai kesuksesan, kita jangan hanya bertindak, tapi juga perlu bermimpi, jangan hanya berencana, tapi juga perlu untuk percaya.
To accomplish great things, we must not only act, but also dream; not only plan, but also believe.
~ Anatole France


Bismillah... Ya Allah, I totally believe in You...
May dreams come true...
Amien...




















0 komentar:

Posting Komentar