Minggu, 29 Mei 2011

titik balik

terkadang untuk mengetahui sesuatu itu benar atau salah dibutuhkan sebuah pengalaman yang akhirnya bermuara pada sebuah keputusan : hal yang kita lakukan dimasa lalu ternyata benar atau sebaliknya hal yang kita lakukan di masalalu adalah salah.
kesalahan di masa lalu membuat kita akan lebih berevolusi terhadap diri kita sendiri di masa sekarang dan masa yang akan datang dan ini lah yang dinamakan titik balik. dan ini yang pernah terjadi pada diriku dan mungkin semua orang pernah merasakan titik balik itu. entahlah~
mungkin titik balik itu ada dihidup gw pada awal masuk SMA, hm lebih tepatnya sih pas kelas 3 SMP setelah "accident"  itu terjadi haha. cuma aja pas SMP itu gw belom terlalu menyadari kalo itulah yang dinamakan sebuah titik balik. sebuah kata perumpamaan dimana apabila seseorang bisa berevolusi pada dirinya dan hidupnya dikarenakan sesuatu yang menurutnya buruk di masa lampau terjadi pada dirinya.

yaa, setidaknya gw beryukurlah masih bisa menemukan "titik balik" itu yang sekarang membuat gw menjadi sosok yang insyaAllah lebih tegar dan lebih bisa memahami segala hal yang emang tadinya buruk dihidup gw dan sekarang bisa malah bisa jadi pelajaran :')

titik balik itu (yang pertama kali pas ane belom nyadar kalo ternyata itu namanya titik balik) terjadi pas kelas 3 SMP setelah akhirnya gw meninggalkan "hal-hal yang kelam " itu, walopun gak konsisten banget sih ninggalin hal itu haha konyol.

oke, gak bertele-tele, pas kelas 3 SMP itu untuk pertama kalinya gw p-a-c-a-r-a-n. padahal mama papa udah ngewanti-wanti biar gw gak pacaran dulu selama sekolah, dgn kata lain: fokus belajar dulu. gw juga optimis2 aja kalo misalnya gw bisa gak pacaran sampai lulus SMA karena selama di SD (yang notabennya SD gw itu SD Islam Terpadu) yang sama anak cowok aja kadang jijikan, yaa walo kadang mesem-mesem gitu wkwk, suka mah ada suka-sukaan anak SD gitu, tapi kan gak se "ekstrem" kayak anak2 skrg *bahas ini gw jadi teringat masa-masa 6tahun di SD haa.

kelas 1 SMP, gw lewati asik2 aja malah seru banget bareng tiara, winda, ama amel dan menamakan diri kita sebagai de cubeq yang akhirnya berevolusi menjadi achenaphe haha. walopun, suka2an gitu ada lah tapi untungnya gak lebih dan tetap berteman.

kelas 2 SMP, gw lewati lagi dengan asik2 aja dan emang di kelas 2SMP ini ada lah cowok yang agak "ekstem" dan mengungkapkan "sesuatu" dan untungnya (lagi) gw bisa bilang sama anak itu dengan baik kalo gw blm mau untuk hal itu. aduh bahasa gw haha

kelas 3SMP, aduh gw kesandung di kelas 3 SMP ini. mana mau lulus, ehh gw malah melanggar komit gw sendiri. akhirnya pertama kali gw p-a-c-a-r-a-n di kelas 3 ini dengan seorang laki2 (yaiyalah masa sama bencong*sumpah garing banget) namanya? rahasia aja haha. entah kenapa, gw bisa meng-iyakan dulu. temen2 gw aja pada bingung, apalagi gw. yaa, sudahlah itu sudah berlalu. intinya dulu gw mengiyakan. dan "dia" itu sama sekali gak deket sama gw dulunya, paling sekelas dari kelas 8-9 dan itu pun gw cuma kenal nama doang, maksudnya ngobrol pun jarang banget.

awal2 gw masih ya tenang2 aja, cuma sampe akhirnya gw sering mengalami pergolakan batin dan perasaan (cielah bahasanyaa). gw suka nyesel aja kalo karena gw p-a-c-a-r-a-n itu sama aja gw ngebohong sama orang tua gw. pokoknya gw jadi suka nyesel gitu, apalagi waktu itu udah mau UN, bukannya fokus belajar eh gw malah p-a-c-a-r-a-n haduh rizka rizka ckckc.

akhirnya stelah 2bulan, gw putus. *aduh  kalo ngomong hal kayak begituan gw jd ilfil sendiri. yaa, adalah sesuatu yang emang salah gw sih sebenernya. pokoknya gw dan "dia" jadi jauh dan jadi kayak musuh gitu. gak enak banget deh rasanya, rasanya gw pengen cepet lulus dan gak ketemu lagi ama tuh orang.(dan sekarang terkabul riz! :D)

yaa, beberapa bulan akhirnya kita lostcontact. akhirnya pas ke perpisahan ke jogja gw ngehubungi "dia". sebenernya dengan tujuan untuk minta maaf atas kesalahan gw yang lalu dan ada sesuatu yg pengen gw kasih ke dia (ternyata gw nekad banget ya? haha) dan alhasil, kita jadi deket lagi sampai pas masuk SMA, gw sama dia masih suka smsan.

banyak hal yang nyadarin gw untuk mulai menjauh dari dia (pada dasarnya bukan menjauhi dia, tapi menjauhi perasaan yang ada hoeks bahasa gw ini -_-). pertama, temen2 disekitar gw yang pada gak pacaran, buku TIAP yang ngedoktrin gw banget, dan orang tua  gw yang paling utama dan cita-cita gw juga. penampilan berbusana gw juga jadi agak berubah, mungkin bisa dibilang jadi lebih tertutup lagi. mama pernah bilang
sepintar apapun kamu, tapi kalo kamu pacaran, itu sama aja nol. iya, kamu masih bisa dapet ranking, tapi bukan masalah itu! masalah keimanan!
kata2 itu yang buat gw jadi nyesek banget dan nyesel. prioritas gw di SMA bukan untuk main2 lagi. SMA yang menentukan masa depan gw mau dibawa kemana. apa gw mau jadi "orang"  atau "setengah orang" itu semua yang nentuin diri gw.

lambat laun, gw mulai memahami kenapa gw harus bertindak seperti itu, yang mungkin menurut "dia" itu hal yang aneh karena gw secara tiba2 udah gak pernah sms atau pun lama bales sms "dia". gw ibarat menghilang. akhirnya beberapa bulan gw udah gak smsan lg sama "dia" walo kadang gw suka inget sama kejadian2 konyol masa SMP itu haha. dan gw masih percaya sama "dia" (saat itu) kalo misalkan "dia" masih bisa bertahan tanpa harus kita smsan intens. sesekali "dia" sms gw dan gw bales, yaa untuk sekedar silaturahim aja. oh, gw mikir "dia" masi bisa dan bertahan dan gw juga berprinsip : aku akan mencintai dengan caraku sendiri dan diam itu adalah caranya.

mungkin aneh, tapi menurut gw itu keren. orang yang mencintai seseorang dalam diam tanpa mengumbar-umbar rasanya itu lebih hebat. makanya itu gw menahan diri untu gak sms "dia". dan sampai akhirnya gw pikir, gw udah jadi biasa2 aja sama dia.

sampai akhirnya di hari sabtu yang sangat cerah dan hari itu menjadi rada kelabu bagi gw. gw dikasih tau sama galih kalo misalnya "dia" udah pacaran lagi. deg! kalo ditanya nyesek gak riz? hm, gw jawab nyesek lah! tapi gw mencoba untuk yaa kayak angin lalu aja hal itu toh gw udah lama juga gak sms sama dia dan udah mulai biasa aja.

sampe di rumah...
gw buka hape dan itu ada inbox dari "dia"! gila, gw mikir mau ngapain sih ni orang ha?!gw shocked lah, udah punya pacar, masih aja berani sms!
D: Assalamualaikum
G: Waalaikumslam
D: Gimana nih kabarnya? sehat lo?
G: Alhamdulillah sehat
D: Gimana menang kagak putra putri cikut?
G: Alhamdulillah kgk, ada apa sms?
D: Yee silaturrahmi doang -_-

sumpah ya kayak mempermainkan banget! gw bales sms dia itu cuma karena gw mau tau apa "dia" bakal kasih tau kalau "dia" udah pacaran lagi dan hasilnya "dia" sama sekali gak bilang ttg itu. dan, gw jadi tau bagaimana harus memposisikan diri gw sekarang.

kalo diceritain cerita benerannya panjaaaaang bangeeet haha lebay. jadi cukup itu aja ya. intinya hal itu yang menyebabkan aku bisa berevolusi dengan diriku sendiri. insyaAllah aku bisa istiqomah dengan prinsipku dan aku yakin ini adalah yang terbaik yang Allah berikan kepadaku.

dan titik balik itu meyakinkan aku bahwa hal yang aku lakukan di masa lalu itu ada lah salah dan memang butuh pengalaman yang panjang sampai aku bisa memutuskan bahwa aku dulu "terjatuh".

0 komentar:

Posting Komentar