Sabtu, 16 Juni 2012

Antara Timur, Tenggara, dan Barat (Nasional.is.me)



Hi bloggeriest :)

Sebelumnya maaf banget udah jaraaaaaang banget posting dan akhirnya gue bisa "produktif" lagi sekarang haha. hm, bukan karena krisis ide. sekali lagi bukan. ide? banyak banget malah berkeliaran di otak.
terus masalahnya apa? masalah klise. iya, klise.

mood.
Mood yang buruk emang petaka banget buat para penulis. seorang penulis yang baik tidak bisa bergantung pada mood dirinya. tapi dia yang mengatur mood itu sendiri. dan gue harus belajar dari hal itu (y)

Tapi gue buat pembelaan juga nih, gak cuma masalah mood. masalah waktu. belakangan ini gue sibuk. ulangan lah, kumpul OSIS lah, dan pembelaan yang lainnya :d

Sekian pembelaannya. itu cuma intermezzo aja. okey, next...

Antara Timur, Tenggara, dan Barat.
Jika disuruh memilih, akan pilih yang mana?

Timur..
Timut disini dimaknai sebagai hal yang identik dengan ketimuran. Budaya, negara, perilaku, dsbnya. Kalo menurut hemat dan pengertian gue, timur disini diartikan sbg negara yang ada di wilayah Timur. Asia Timur tepatnya. Seperti Korea, Jepang, China, dsbnya. Kenapa memilih Asia Timur? You know lah, apa yang sekarang menjadi trend saat ini (red: Korea)

Barat.
Kalo Timur diidentikkan dengan dengan negara yanga ada di Asia Timur. Berarti kalo barat? Yaps, negara-negara barat. Seperti Amerika, Inggris, Belanda, dsbnya.

Dan Tenggara.
Tenggara itu Indonesia dalam (konteks ini).

Kenapa gue mangambil tiga perumpamaan itu? Karena, yang lagi trend saat ini ya hal-hal tsb. Kekaguman seperti terbagi. Ada yang suka Korea, ada yang suka Barat. Ada yang gak suka Korea, ada yang gak suka Barat, dan ada yang netral. Lantas kalian yang mana?

Kalau disuruh memilih, antara Timur, Tenggara, atau Barat? Gue pilih Tenggara, Indonesia. Bukan berarti gue gak suka Korea ataupun Barat. Ada beberapa sisi yang gue suka, khususnya kebudayaannya.Gue suka drama korea, gue suka musik-musik barat yang nyelow.

Tapi gue lebih suka Indonesia. Gue suka musik pop jazz-nya Indonesia. Gue suka icon-icon yang menjadi kekayaan di Indonesia. Gue suka makanan tradisional Indonesia. Gue suka penduduknya yang ramah. Gue suka dan bangga menjadi bagian dari Indonesia!

Suka budaya lain, boleh. Tapi jangan sampai melupakan budaya sendiri. Kalau kita melupakan budaya bangsa, siapa lagi yang mau mengingatnya? Mengingatnya saja sulit apalagi melestarikannya?

Ayo generasi muda bersama kita mencintai bangsa kita. Lestarikan budayanya, bangun bangsanya!

"Jangan tanya apa yang negara sudah berikan kepadamu. Tapi, apa yang sudah kamu berikan kepada negara"







0 komentar:

Posting Komentar