Kamis, 11 Agustus 2011

aspirasi

sering sekali saat kita sedang dalam sebuah kelompok atau komunitas, kita mempunyai pendapat yang berbeda-beda. karena pemikiran orang pun semuanya berbeda-beda.

perbedaan pendapat itu ada kalanya membuat suasana jadi tambah beragam dengan ide-ide yang lebih inovatif yang disampaikan. tak dipungkiri juga, perbedaan pendapat dapat menjadi sebuah konflik. dan perbedaan pendapat yang dapat menyebabkan konflik, itu lah yang berbahaya dan harus dihindari.

berpendapat, boleh saja. malah sangat bagus apabila kita bisa menyampaikan pendapat kita dalam sebuah forum. tetapi, kita harus melek sikon juga jika mau berpendapat. maksudnya, kalau orang-orang di sebuah forum udah pada ribut-ribut dan mempertahankan pendapatnya masing-masing tanpa mau mendengarkan pendapat yang lain. alangkah lebih baiknya, jika kita diam sejenak. diam sejenak, bukan diam keterusan. maksudnya, kita harus matang memikirkan pendapat apa yang akan kita sampaikan nanti sehingga membuat kondisi menjadi lebih cair dan semua tertuju pada kita.

pertama, kita harus berpikir :
apa sebabnya?
apa akibatnya?
dan bagaimana solusinya?

kita harus mampu memikirkan ketiga poin tersebut, sebelum kita menyampaikan pendapat di muka umum. dengan begitu, kita gak perlu capek-capek untuk "debat" dan ujung-ujungnya malah gaje.

kalo kita menerapkan cara menyampiakan pendapat seperti itu, insyaAllah orang lain akan respect kepada kita dan memeprtimbangkan pendapat kita.

0 komentar:

Posting Komentar